17 Apr 2017

Dua Kandidat Rektor UIR Usung Visi-Misi yang Sama

Masa kepemimpimpinan Detri Karya sebagai Rektor Universitas Islam Riau (UIR) sudah berakhir. Kini salah satu universitas ternama di Riau ini kembali menggelar pemilihan rektor baru untuk periode 2017-2021. Dua nama mencuat dan sama-sama membawa visi yang sama, yakni menjadikan UIR sebagai Universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara pada 2020.

 Diketahui, sebelum mencuat dua nama ini, ada 18 orang yang potensial sebagai calon rektor, dilihat dari kriteria yang ditentukan oleh statuta UIR, yang ditentukan oleh anggota Senat, lolos lima calon. Lima calon ini diajukan ke Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) yang diketuai Prof Dr H Amir Hasan, di antaranya Dr Nurman SSos MSi (Wakil Rektor I), Dr Ujang Maman (Dekan Faperta),  Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL (Dekan FH), Dr Syaiful Bahri (Direktur Pasca) dan Dr Zul Akrial (dosen hukum).

 Dari lima calon yang diusulkan dan dinilai tim yayasan yang memenuhi kriteria, maka Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL dan Dr Nurman SSos MSi menjadi dua kandidat yang akan dipilih dan ditentukan siapa yang bakal menjadi Rektor UIR yang baru, Selasa (18/4).

Seperti disampaikan ketua Yayasan, berharap calon rektor ke depan harus memiliki komitmen visi-misi UIR 2020, yaitu menjadi universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia tenggara. ‘’Visi-misi kita harapkan dapat di wujudkan,’’ katanya, Senin (17/4) di sela-sela acara penyampaian visi-misi di Auditorium Soeman HS Fakultas Hukum, yang didihadiri oleh seluruh anggota Senat, Wakil Dekan/Wakil Direktur, Ka Prodi dan Sekretaris Prodi, Sekretaris Lembaga, Perwakilan Dosen, Ka Biro, Kepala Perpustakaan, Ka TU, Perwakilan BEM UIR, Fakultas, dan organisasi kemahasiswaan kampus.

 “Dua-duanya sangat potensial. Dan program yang disampaikan bagus, dan sudah saya buat namun belum sempurna, dan berharap dari salah satu calon bisa menyempurnakannya dan membuat lebih baik lagi untuk UIR,” kata Detri Karya

 Sementara itu, usai penyampaian visi-misi, calon Rektor Nurman, mengatakan, visi-misi UIR yang sudah didengungkan itu bisa terwujud. Tentunya, peluang itu bisa dicapai bersama.  ‘’Kita akan sempurnakan apa yang belum sempurna, dan kekuatan yang sudah terbangun akan dimaksimalkan, ‘’ katanya.

 Sedangkan calon rektor Syafrinaldi juga menegaskan, untuk mencapai visi misi UIR 2020 itu adalah, semua pihak mesti memiliki komitmen yang sama, dan kerja keras dari semua elemen. ‘’Mengapa tidak bisa tercapai, dukungan semua elemen ini semua bisa diwujudkan,’’ tuturnya.

BY: Sumber : Riau Pos