07 Jul 2017

Besok, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL Dilantik Sebagai Rektor UIR

PEKANBARU- Bila tak ada aral melintang, Hari ini, Sabtu (8/7) Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Riau untuk masa jabatan 2017-2021. Pelantikan rencananya akan dilakukan di auditorium lantai IV Gedung Rektor UIR.
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Rektor UIR ini akan dilakukan oleh Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam (YLPI) Riau Prof. Dr. H. Amir Hasan, MS., MM., Ak., CPA.,CA.
Plt. Rektor UIR Dr. Nurman, S.Sos., Msi, Jumat (7/7) berkata, persiapan pelaksanaan pelantikan Rektor UIR yang baru sudah dilakukan secara maksimal dan dia mengharapkan tidak ada kendala dalam pelaksanaan pelantikan nantinya.
“Persiapan pelantikan sudah kita lakukan sebelum Idul Fitri lalu. Kita berdoa pada Allah SWT agar tidak ada kendala apapun saat prosesi pelantikan nantinya,”katanya.
Semestinya, pelantikan Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL dilakukan pada tanggal 1 July 2017 lalu karena masa jabatan Rektor UIR Prof. Dr. Detri Karya, SE,MA berakhir pada tanggal tersebut. Karena bersamaan dengan libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 H, maka pelantikan Rektor UIR terpilih baru bisa dilakukan pada tanggal 8 July 2017.
“Harusnya tanggal 1 July kemarin pelantikan dilakukan. Tapi karena Libur Idul Fitri pihak yayasan memustuskan pelantikan dilakukan 8 July 2017. Untuk kekosongan jabatan ditunjuk oleh yayasan pelaksana tugas sampai waktu pelantikan,”jelas Dr. Nurman, S.Sos., M.Si.
Pelantikan ini rencananya juga akan dihadiri oleh 300 undangan baik dari kalangan internal kampus maupun dari luar, seperti gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, bupati dan walikota di Provinsi Riau, Ketua Kopertis Wilayah Sepuluh, pimpinan perguruan tinggi dan dari kalangan stakeholder lainnya yang bekerjasama dengan UIR.
“Pelantikan nantinya dihadiri pengurus YLPI Riau, anggota senat. Kita juga mengundang gubernur, pimpinan DPRD, kepala daerah, Ketua Kopertis Wilayah Sepuluh dan pimpinan perguruan tinngi baik yang ada di Riau, maupun diluar Riau,” jelas Dr. Nurman, S.Sos., M.Si.
Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL sebelumnya merupakan Dekan Fakultas Hukum untuk masa jabatan kedua. Pada suksesi pemilihan Rektor UIR tanggal 18 April lalu, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL ikut mencalonkan diri bersama Dr. Nurman, S.Sos., M.Si.
Hasil pemilihan melalui rapat senat tertutup, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL meraih suara terbanyak dengan perolehan suara sebanyak 27 suara dari 42 suara anggota senat universitas. Sementara, Dr. Nurman, S.Sos., mengantongi 15 suara anggota senat.
Plt. Rektor UIR, Dr. Nurman, S.Sos., Msi mengatakan, masa jabatan Rektor UIR sebagaimana termuat dalam statuta UIR adalah empat tahun. Selanjutnya akan dipilih kembali melalui rapat senat universitas. Jabatan Rektor UIR juga hanya boleh dijabat oleh yang yang sama untuk dua periode berturut turut.
Rektor UIR sebelumnya, Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA telah menyelesaikan masa jabatannya dua periode, yaitu masa jabatan 2009-2013 dan masa jabatan 2013-2017. Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA merupakan Rektor UIR ke empat dan Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., MCL merupakan Rektor UIR yang kelima.
Rektor UIR sebelumnya adalah H. Rawi Kunin yang menjami Rektor UIR pertama, H. Rawi Kunin memimpin UIR untuk dua masa jabatan dari tahun 1985 sampai tahun 1994. Selanjutnya Rektor UIR di pegang oleh Prof. Dr. Ir. H. Tengku Dahril, MS.c untuk dua masa jabatan dari tahun 1994 sampai tahun 2001. Dan Rektor UIR yang ke tiga adalah Prof. Dr. Ir. H. Hasan Basri Jumin, MS.c juga untuk dua masa jabatan mulai tahun 2001 sampai tahun 2009.(humas)

BY: Adm-UIR