27 Agus 2017

Puluhan Mahasiswa UiTM Perlis-Malaysia Lakukan Praktik Magang di UIR

Sebanyak 25 orang mahasiswa dari Fakulti Perlandangan, Universiti Teknologi MARA, Perlis, Malaysia melakukan latihan industri atau praktik magang di Fakultas Pertanian, Universitas Islam Riau. Puluhan mahasiswa UiTM Perlis Malaysia ini akan melakukan praktik magang selama lebih kurang 15 hari.
Kedatangan puluhan mahasiswa yang masih duduk di semester III ini, diterima langsung oleh Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL., dan Dekan Fakultas Pertanian UIR, Ujang Paman di Gedung Rektorat UIR, Sabtu (26/08).
Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL., mengatakan, kedatangan mahasiswa UiTM Perlis, Malaysia ini merupakan program kerjasama UIR dengan UiTM dalam pengembangan kualitas mahasiswa kedua universitas yang sama sama memiliki fakultas atau programstudi di bidang pertanian. Selama melakukan praktik magang di UIR mahasiswa UiTM ini akan diberikan pemahaman dan praktik langsung di lahan pertanian uji coba  UIR yang terletak di dalam Kampus UIR sendiri, kemudia di lahan pertanian Hydroponic UIR di jalan Teropong di Kampar, dan lahan pertanian UIR di Pasir Putih, Kampar.
“Kita berharap selama mereka melakukan praktik lapangan, betul betul bisa menerapkan ilmu yang mereka peroleh dengan teknologi pertanian yang kita gunakan disini. Begitu juga sebaliknya pengelaman yang mereka peroleh disini hendaknya bisa menambah wawasan keilmuan yang juga boleh mereka terapkan nantinya sepulang dari praktik di UIR,”kata Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL.
Rektor UIR juga mengatakan, bahwa program kerjasama UIR dengan UiTM Perlis Malaysia ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Mahasiswa UIR juga katanya, akan melakukan praktik kerja lapangan di UiTM Perlis Malaysia nantinya.
“Program kerjasama seperti ini sangat penting, oleh karenanya ini kita harapkan berkelanjutan dilakukan setiap tahunnya,”katanya.
Rektor UIR, menambahkan selain adanya program praktik lapangan dari puluhan mahasiswa UiTM Perlis Malaysia, dalam waktu dekat ini UIR juga akan menerima tamu dari Universiti Tengku Bainun, Pulau Pinang Malaysia pada tanggal 29 Agustus 2017. Kedatangan mereka untuk melakukan studi banding pada program studi Penjaskes UIR.
“Alhamdulillah belakangan ini kita banyak menerima tamu dari berbagai universitas di Malaysia, baik untuk kegiatan studi banding, maupun kegiatan ilmiah lainnya. Ini menunjukkan nama besar UIR sudah dikenali oleh masyarakat tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegera,”kata Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL.
Puluhan mahasiswa UiTM Perlis Malaysia ini akan melaksanakan praktik lapangan mulai tanggal 25 Agustus sampai dengan tanggal 12 September 2017 mendatang. Selama di Riau mereka diberikan akomodasi di Rusunawa UIR.
Dekan Fakultas Pertanian UIR, Dr. Ujang Paman, mengatakan 25 mahasiswa UiTM Perlis Malaysia selama di UIR akan melakukan beberapa hal yang sudah di programkan. Pertama mahasiswa ini akan diberikan pemahaman teori tentang holticultura. Kegiatan ini dilakukan di kelas sebagai bekal mereka sebelum turun ke lapanga. Program kedua adalah practikal training di sejumlah kebun pertanian yang dimiliki UIR.
“Teori atau belajar di kelas ini penting kita berikan terlebih dahulu. Setelah itu baru mereka kita ajak langsung untuk prakti di lahan-lahan pertanian yang kita punya, seperti lahan praktik di belakang fakultas, lahan perkebunan kita yang ada di Teropong dan lahan perkebunan yang ada di Pasir Putih,”jelas Dr. Ujang Paman.
Tidak hanya melakukan praktik lapangan, puluhan mahasiswa UiTM Perlis Malaysia ini juga nantinya akan melaksanakan sejumlah kegiatan lain selama di Riau, pada hari pertama sampai di Pekanbaru, mereka telah dibawa untuk bersilaturahmi dengan Kolsul Malaysia di Pekanbaru. Rencananya pada hari Selasa (28/8) puluhan mahasiswa ini akan diterima berkunjung ke Siak dan akan diterima langsung oleh Bupati Siak, Syamsuar. Selain itu mereka juga akan dibawa untuk berkunjung ke cagar budaya Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar.

BY: Adm-UIR