29 Agus 2017

6 Ribu Mahasiswa Baru Laksanakan Kegiatan PKKMB di GOR UIR

Universitas Islam Riau (UIR) melakukan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk tahun ajaran 2017/2018. Sebanyak 6 ribu mahasiswa baru yang hadir dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 Agustus 2017 di GOR Voli Indoor milik Universitas Islam Riau.

Dengan tema Green Living Movement di kampus, diharapkan mahasiswa mampu untuk mencintai kebersihan, mencintai lingkungan, dan memiliki kepedulian yang tinggi, terutama di lingkungan kampus.

Tentang pelaksanaan PKKMB, Humas Universitas Islam Riau Aki Sukri mengatakan, acara ini di tangani oleh seluruh fakultas di Universitas Islam Riau. Mahasiswa baru akan diberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, namun untuk besok (hari ini) masing-masing fakuktas akan melakukan kegiatan tentang pengenalan kampus, mulai dari kepengurusan administrasi, sistem perkuliahan dan lain lain sesuai dengan fakultas masing masing.

Acara PKKMB dibuka langsung secara resmi oleh Rektor Universitas Islam Riau, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL juga mengatakan, dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa mampu menjadi orang-orang yang memiliki kepedulian yang tinggi dan mampu menjadi pribadi yang semakin baik sehingga mampu membangun sebuah kesadaran untuk diri dan lingkungan seperti yang sudah diharapkan.

Pada hari pertama dalan kegiatan PKKMB ini, mahasiswa diberikan materi tentang wawasan kebangsaan. Untuk menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan tersebut pihak UIR menghadirkan pembicara dari Polda Riau, Korem 031/WIRABIMA, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau.

Pembicara pertama dari Korem 031/WIRABIMA yang hari itu diwakili oleh Kasrem I Nyoman Parwata, yang mengatakan, betapa perlu dan pentingnya sebuah kepedulian. Dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu cara,  agar pribadi seseorang mampu untuk menjadi manusia yang memiliki integritas, sehingga mampu membangun sebuah negara menjadi lebih baik.

Dilanjutkan oleh pembicara ke dua, dari Badan Intelijen Negara Daerah Riau, yang hari itu diwakili oleh Hendro meenyampaikan materi tentang pendidikan berkarakter. Pemateri mengatakan kalau saat ini pembentukan karakter bukan hanya dari lingkungan saja, tapi melalui sosial media, juga mampu merubah bahkan membentuk sebuah karakter. Ia juga mengatakan orang yang memiliki karakter tentunya akan mampu menjadi seorang pemimpin yang baik.

Dalam memberikan materi tentang wawasan kebangsaan ini, Kapolda Ria, Zulkarnain Adinegara juga turut hadir menyampaikan materi tentang, menanamkan nilai nilai kebhinekaan kepada para mahasiswa. Dimana keberagaman merupakan salah satu cara  untuk membentuk kekuatan dalam sebuah negara. Terutama terkait dengan isu keberagaman yang belakangan hampir memecah belah negara kita. Adanya pemahaman ideologi yang tidak sesuai yang seharusnya, sehingga menyebabkan perpecahan sebuah negara. Terutama saat ini, sosial media, merupakan salah satu penyebab yang menjadi ancaman perpecahan pada sebuah bangsa.

Sumber: riaupos.co

BY: Adm-UIR