06 Sept 2017

Dinilai Sebagai Universitas yang Sehat, Kopertis 10 Berharap Banyak ke UIR

PADANG-Kopertis Wilayah 10 (Riau, Kepri, Jambi dan Sumbar) berharap banyak kepada Universitas Islam Riau (UIR) dalam memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini dikarena UIR merupakan perguruan tinggi di wilayah Kopertis 10 yang mengalami perkembangan yang sangat pesat hampir dalam segala bidang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Koordinator Kopertis Wilayah 10, Prof. Dr. Herri, SE., MBA., dalam kunjungan jajaran pimpinan Universitas Islam Riau dan Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, yang di pimpin langsung oleh Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL., di kantor Kopertis 10, Jalan Khatib Silaiman, Padang, Rabu (6/9).

“Kita sangat berharap banyak kepada UIR karena UIR kami lihat sudah punya modal dasar menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, UIR memiliki networking yang sangat bagus termasuk dengan pemerintah, memiliki kerjasama yang baik dan kebersamaan yang kuat,”ungkap Ketua Kopertis 10, Prof. Herri, SE., MBA.,
Prof. Herri, SE., MBA., UIR sudah termasuk universitas yang sehat dalam mewujudkan pendidikan tinggi yang berkualitas. “UIR ini sudah termasuk perguruan tinggi yang sehat,”ungkapnya.

Prof. Dr. Herri, SE., MBA., menguraikan ada beberapa indikator suatu perguruan tinggi dinyatakan sehat sebagai perguruan tinggi berkualitas, yaitu sehat idealisme dimana perguruan tinggi harus berorientasi semata untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan pada profit orientit. Kemudian sehat organisasi, yang mencangkut yayasan, Rektorat, Dekanat, senat, mahasiswa, dan alumni.

“Saya rasa kebersamaan di UIR sangat sangat bagus, hanya saja harapan saya yang perlu UIR perhatikan adalah perlibatan alumni dalam pengembangan universitas, seperti alumni tidak hanya berperan dalam sumbangan ide, tapi juga bisa dalam bentuk finansial lainnya. Perlibatan alumni ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Prof. Dr. Herri, SE., MBA.

Ciri perguruan tinggi yang sehat lainnya menurut Prof. Dr. Herri, SE., MBA., adalah sehat dalam finansial, sehat dalam civitas akademik, dan masyarakat.
Dikatakannya UIR memiliki sumberdaya manusia yang sudah bagus dan jumlah mahasiswa yang sangat banyak. “UIR ini sudah bagus dalam segi sumberdaya manusia, dengan jumlah dosen yang banyak, bahkan uang sudah S3 54 orang atau 10 persen dari jumlah dosen yang ada, ini sudah diatas rata-rata nasional. Sedangkan guru besar sudah 10 orang,”katanya.

“Harapan saya lagi UIR juga terus meningkatkan perannya ditengah-tengah masyarakat, seperti keterlibatan pembangunan pedesaan dalam segala aspek bidang keilmuan,”tambahanya.

Sementara itu, Rektor UIR, Prof. Dr. Syarinaldi, SH., MCL, berkata, kedatangan rombongan UIR ke Kopertis Wilayah 10 adalah untuk bersilaturahmi dan bertukar pikiran untuk pengembangan dan peningkatan kualitas di UIR.
“Dengan kebersamaan UIR dengan kopertis 10 akan memudahkan UIR dalam mewujudkan visi menjadi universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara tahun 2020,”katanya.

Rektor UIR juga menyampaikan perkembangan atau kemajuan yang telah di capai UIR sampai saat ini, seperti upaya UIR dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kualifikasi pendidikan dosen, dan prestasi-prestasi yang diraih UIR dalam kancah nasional maupun internasional.
“Saat ini UIR sudah memiliki 54 dosen kualifikasi S3 dan ada sekitar 90 orang lagi yang sedang kuliah S3 baik di dalam negeri maupun di luar negeri,”katanya.

Disampaikan Rektor UIR juga, bahwa saat ini UIR sudah memiliki 41 program studi jenjang pendidikan D3, S1 dan pascasarjana. Dari jumlah tersebut 4 program studi diantaranya sudah terakreditasi A atau 12 persen dari total jumlah program studi. Sedangkan sisanya terakreditasi B.

“Saat ini UIR baru membuka program studi baru, seperti Program Studi Perbankan Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Kimia dan beberapa program studi lainnya. Untuk program studi baru ini otomatis baru terakreditasi C. Namun ada beberapa program studi yang baru divisitasi tim asesor yang kita harapkan hasilnya juga terakreditasi A nantinya,” jelas Rektor UIR. Prof. Dr. Syafrinaldi,SH., MCL.

Rektor UIR juga menyampaikan tekat UIR untuk mendapatkan akreditasi A untuk institusi dan rencana mendapatkan sertifikasi ISO. “Tahun depan kita rencana akan melaksanakan Akreditasi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan target nilai A dan rencana juga untuk ISO. Saat ini baru Fakultas Hukum yang sudah mendapatkan ISO 9001 tahun 2015 dan akan menyusul juga Fakultas Agama Islam,”katanya.

Dalamkegiatan silaturahmi dengan kopertis 10, hadir juga adalah Ketua Umum YLPI Riau, prof. Dr. Amir Hasan, MS,SE,MM,CPA,CA, Ketua Harian YLPI Riau, prof. Muhtarahman, seluruh dekan dan direktor pascasarjana UIR, dan sejumlah kepala biro yang ada di lingkungan UIR.

BY: Adm-UIR