22 Des 2017

Rektor UIR Lepas Jenazah Almarhum Ir. M. Nasir

Pekanbaru: Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L melepas jenazah almarhum Ir. M. Nasir, D.M.T di kediamannya Jalan Dahlia 18 Pekanbaru, Jum'at siang (22/12), untuk dishalatkan di Masjid al Ikhlas yang terletak tak jauh dari rumah duka. Turut melayat ke rumah duka Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, Dr. H. Nurman, S.Sos, MSi, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Ir. Asrol, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ir. Rosyadi, MSc, Dekan Fakultas Teknik Dr. Abdul Kudus dan Civitas Akademika UIR.

Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin UIR itu wafat Jum'at pagi (22/12). Kepergian almarhum yang mendadak sempat mengundang kaget rekan sejawat, termasuk Rektor. Rekan se profesi almarhum Ir. Syawal menyebut, sehari sebelum kepergian almarhum, dirinya masih sempat berbincang dengan Nasir di kampus. ''Ia sehat wal 'afiat bahkan kepada saya, almarhum berencana akan menghadiri pertemuan alumni Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin yang dilaksanakan Sabtu besok. Saya betul-betul kehilangan figur yang selama ini menjadi panutan kami,'' kata Syawal di rumah duka.

Rektor UIR Syafrinaldi juga tak kuasa menahan rasa haru. Sesampai di rumah duka pukul 09.30, Rektor bersama Wakil Rektor langsung masuk ke ruang tengah rumah duka, dan begitu berada di depan jenazah ia membuka kain putih yang menutup muka almarhum. Usai berdoa untuk almarhum, Syafrinaldi menyempatkan diri berbicara dengan istri almarhum.

''Kami bersama Civitas akademika UIR merasa kehilangan almarhum. Pak Nasir merupakan dosen senior di Fakultas Teknik. Sepanjang kariernya menjadi Staf Pengajar, Pak Nasir pernah memangku jabatan sebagai ketua prodi, Wakil Dekan I, II dan III. Figurnya sangat sederhana dan menjadi panutan baik bagi mahasiswa maupun para dosen,'' kata Rektor.

Ir. M. Nasir, D.M.T lahir di Bangkinang pada 11 Oktober 1954. Mulai bekerja sebagai staf pengajar  UIR tanggal 1 Maret 1987. Ayah tiga orang anak dari perkawinannya dengan Fatmawati ini saat ini berstatus pegawai negeri sipil dengan fungsional terakhir lektor, dan pangkat Penata Tk. I, III/d.

BY: Adm-UIR