06 Jan 2018

Di Hadapan Para Pemimpin Media di Riau, Syafrinaldi Beberkan Keunggulan UIR

PEKANBARU-Rektor Universitas Islam Riau, Profesor Dr. H. Syafrinaldi LC MCL beserta wakil Rektor dan jajarannya gelar silaturahmi dengan sejumlah pimpinan media massa baik cetak, elektronik, dan media online di Riau,  Jum'at (5/1/2018). Pertemuan ini digelar di gedung Rektorat lantai 2, Universitas Islam Riau (UIR), Jalan Kaharuddin Nasution, Pekanbaru.

Di hadapan para pemimpin media ini, Syafrinaldi mengungkap bahwa kekuatan yang dimiliki UIR tak hanya pada sumber daya manusia (SDM), tapi juga pada pengelolaan, jumlah mahasiswa, dan infrastruktur pendukung.

Berumur 56 Tahun, UIR Berhasil Jadi Universitas Terkemuka di Indonesia dan Berada di Posisi 137 Nasional

Syafrinaldi juga memaparkan sejarah berdirinya UIR dan penjabat rektor dari masa ke masa. "Saya belum lahir UIR sudah ada. Di usianya yang ke 56, saya merupakan rektor ke lima," kata Syafrinaldi di hadapan belasan pemred media yang hadir.

Menurut Syafrinaldi jumlah mahasiswa UIR saat ini ada 26 ribu mahasiswa. Datanya sangat valid. Sedangkan jumlah dosen tetap dan kontrak ada 450 orang. Jumlah dosen berdasarkan status ada dosen yang sudah PNS berjumlah 51 orang, dosen Yayasan UIR 322 orang, dosen kontrak 77 orang. Sementara berdasarkan jenjang pendidikan jumlah dosen berpendidikan S1 satu orang, S2 370 orang, serta S3 79 orang.

UIR Dipujikan, Kini Menjelma Jadi PTS Terbesar

Kekuatan yang dimiliki UIR ini kata Syafrinaldi kalau tidak dikemas dalam sebuah visi dan persepsi serta kerjasama yang baik antar seluruh sumberdaya yang ada, tidak akan tercapai dengan baik.

"Tagline kita, Bersama kita bisa. Inilah yang kita terapkan selama ini. Sebab kalau bekerja hanya satu orang mustahil akan mendapat hasil yang baik. Tapi kalau kita kerjakan bersama sama, yakin lah, hasilnya pasti bagus," kata Syafrinaldi.

UIR Siap Menjadi PT Islam Unggulan di Asia Tenggara

Dari diskusi yang berkembang, Syafrinaldi menjawab tuntas sejumlah pertanyaan ataupun saran dari pimpinan media. Mulai dari branding hingga tidak paralel nya lulusan universitas dengan dunia kerja.

Kata Syafrinaldi ini merupakan persoalan nasional dimana angka pengangguran terdidik naik setiap tahun nya. Beda dengan di UIR yang sebagian besar lulusannya bukan berlatar belakang teknis atau lulusan yang implementatif. Meskipun demikian lanjut Syafrinaldi pihaknya tetap memberikan bekal kepada lulusan sebelum mereka di wisuda.

Silaturahmi dengan Pimpinan Media Massa, Rektor UIR Paparkan Sejumlah Prestasi

Memang sejak UIR dipimpin Profesor Syafrinaldi banyak capaian capaian yang cukup spektakuler yang membanggakan Civitas Akademika.

Baru baru ini, UIR sukses mengukir dua prestasi sekaligus, yakni diperolehnya status akreditasi A untuk program studi Ilmu Administrasi pascasarjana, dan diraihnya ISO 9001:2015 oleh Fakultas Agama Islam.

Kepastian naiknya status Prodi Ilmu Administrasi dari B ke A itu disampaikan Ketua Prodi Ilmu Administrasi Pascasarjana, Lilis Suryani, Kamis sore (4/1/2018).

Civitas Akademika UIR Silaturahmi Bersama Pimpinan Media

''Alhamdulillah, akreditasi Prodi Ilmu Administrasi pascasarjana memperoleh nilai A. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu proses akreditasi Prodi Ilmu Adminitrasi baik langsung maupun tidak,'' kata Lilis Suryani.

Kenaikan itu mengantarkan Ilmu Administrasi menjadi program studi kedua berstatus A setelah Prodi Ilmu Hukum.

Sementara itu ISO 9001:2015 yang diperoleh Fakultas Agama Islam (FAI) terungkap dalam Closing Meeting Audit Eksternal di FAI, Kamis sore yang dihadiri Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., M.C.L. ''Selamat kepada Dekan FAI dan jajarannya mendapatkan rekomendasi sertifikasi ISO 9001:2015 dari BSI. Semoga semakin berjaya, bersama kita bisa,'' komentar singkat Syafrinaldi. FAI merupakan fakultas kedua setelah Fakultas Hukum dalam memperoleh ISO.

Rektor Syafrinaldi Ungkap Kekuatan UIR Dihadapan Pimpinan Media

ISO (International Organization for Standardization) merupakan sistem manajemen mutu untuk melakukan review dan perubahan secara berkala sesuai dengan kaidah yang diatur oleh ISO.

Perubahan dilakukan dalam rangka mengimbangi standar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta relevansi terhadap industry dan lingkungan makro organisasi yang mengadopsi sistem manajemen mutu.

Review dan perubahan ISO 9001:2015 bertujuan antara lain memudahkan integrasi dengan sistem manajemen lainnya, menyediakan pendekatan yang integrative terhadap konsep manajemen organisasi dan memastikan standar internasional memenuhi kebutuhan seluruh bidang organisasi yang mengadopsinya. Juga meningkatkan kemampuan organisasi dalam memuaskan pelanggan.

UIR Jadi Universitas Terbaik Ranking 137 di Indonesia dan Terbaik Pertama di Kopertis X

Syafrinaldi memuji terobosan FAI yang dianggapnya terbilang luar biasa karena mampu memenuhi sejumlah catatan yang disarankan Team Leader BSI (British Standarts Institution)sehingga tidak ditemukan lagi ketidaksesuaian dalam pengintegrasian manajemen. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada team leader yang dalam beberapa hari telah menghabiskan waktu melakukan pemeriksaan manajemen Fakultas Agama Islam.

Sebagai Pimpinan Universitas, katanya, ia memang berkomitmen untuk meningkatkan performa fakultas-fakultas yang ada di UIR. (*)

BY: Humas UIR/ www.halloriau.com/