26 Jun 2018

UIR Hadiri Temu Mediator Se Indonesia

Conflict Resolution Unit (CRU) adalah sebuah unit di bawah Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) yang memiliki komitmen untuk mendukung upaya mediasi konflik lahan dan sumber daya alam di Indonesia.   

Sebagai Pengarah/moderator dan fasilitator Ahmad Fahmi Shahab dari Pusat Mediasi Nasional (PMN) mengatakan bahwa "Kehadiran     CRU     ditujukan    untuk meningkatkan kepercayaan publik    bahwa     mediasi    adalah    alternatif     yang    efektif     dan    tepat guna     untuk menyelesaikan     konflik lahan     dan    pengelolaan     sumber     daya    alam     di    Indonesia, CRU    menyediakan     berbagai    layanan    untuk     mendukung    proses    mediasi    agar    dapat     dilaksanakan    sesuai     praktik     terbaik".


Diskusi ini diperuntukkan bagi mediator dari LSM, pemerintah, masyarakat serta praktisi  mediator konflik lahan dan  sumber daya alam serta     profesional.   


Pertemuan     mediator     dirancang     sebagai     ruang     berdiskusi     untuk     berbagi     pengalaman    tentang    penanganan    konflik    –konflik    yang     terkait    sumber    daya    alam     dan    lahan    di    berbagai daerah     di     Indonesia.     Para     peserta     dipandu     oleh     fasilitator    akan     bersama-sama    mengidentifikasi     faktor     keberhasilan     serta    tantangan     yang     dijumpai     dalam     melakukan    proses    mediasi    konflik    sumber    daya    alam     dan    lahan    di    Indonesia.   

Acara ini digelar pada Tanggal : 25 – 26  Juni 2018, bertempat di Hotel    Mercure Jakarta Sabang, Jl. H. Agus Salim No. 1. Jakarta Pusat.

Dihadiri 60 peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia. Kegiatan ini difasilitasi oleh Lembaga Conflict Resolution Unit (CRU).

Mardianto Manan sebagai salah seorang yang diundang dalam acara Diskusi Publik tersebut berterima kasih karena semua fasilitas ditanggung oleh lembaga CRU tersebut, "saya sebagai Warga Riau yang diundang atas nama besar UIR, saya bangga ikut diberi kesempatan dalam acara besar se Indonesia ini, UIR satu satunya yang diundang dalam acara tersebut" tutupnya dengan sumbringah.

Narasumber dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dan pembicara utama dari Prof. Indra Bastian dari Pusat Mediasi Indonesia yang juga dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dihadiri langsung oleh Direktur    Program    CRU Navitri     Putri     Guillaume.

BY: Adm-UIR